Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi diperantarai oleh mekanisme neuroendokrin yang kompleks. Suatu hormone pelerpas, gunadotropin-releasing hormone (GnRH), sudah dikenali berperan terhadap pelepasan gonadotropin, follicle-stimulatting hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH). GnRH dihasilkan dihipotalamus dan dihantarkan ke hipofisis anterior (tempat gonadrotropin dihasilkan) melalui sisten vascular periportal. Siklus menstruasi nomal diatur secara cermat oleh sekresi gonadotropin dari hipofisis anterior ke sirkulasi sistemik. Dengan onset setiap siklus, folikel yang siap untuk pematangan dirangsan berkembang oleh FSH. Satu folikel (jarang lebih) melampaui yang lainnya untuk membentuk folikel de graaf. Kemudian folikel yang tersisa akan mengalami regresi. Sementara itu estrogen dihasilkan oleh s

el lutein teka pada folikel. Estrogen ovarium yang utama adalah estron (E1), estradiol (E2), dan sejumlah kecil estrioil (E3). Pada siklus menstruasi hari ke-8 dan ke-9,kadar estrogen berhenti meningkat dan kadar LH serta FSH mulai berfluktuasi. Pada sekitar hari ke-14 kenaikan kadar LH yang tinggi dan mendadak (LH surge) memicu pecahnya  folikel dan ovulasi (lepasnya ovum). Terjadi sedikit pendarahan, dan folikel yang kosong segera diisi oleh darah yang menggumpal (folikel hemoragis. LH dan mungkin prolaktin merangsang luteinasi sel granulose sehingga terbentuk korpus luteum. Sel lutein granulose menghasilkan progesterone, yang mencapai puncaknya pada kira-kira hari ke-23  atau 24. Jika pada saat itu tidak terjadi fertilisasi dan nidasi ovum (kehamilan), korpus luteum mengalami regresi. Kemudian kadar progesterone dan estrogen turun mencapai kadar kritis pada sekitar hari ke-28 ketika terjadi pendarahan endometrium (menstruasi).

Pengobatan untuk siklus menstruasi yang tidak normal dan tidak teratur dapat dilakukan dengan ambil ketumbar, kunyit, biji pala, kapulaga, jintan hitam, cengkeh, gula merah, dan srigading. Semua bahan direbus dengan air sebanyak 250 cc. Setelah mendidih disaring dan minumlah 5 hari sebelum masa haid. Untuk mempelancar haid atau minumlah campuran air tomat, air kunyit, dan air wortel. Minum ramuan ini secara teratur. Penyebab gejala nyeri haid adalah :

  1. Posisi rahim yang tidak normal
  2. Kondisi panggul
  3. Myoma atau tumor otot rahim
  4. Kelainan poros usus (sembelit menahun).

Mengatasi nyeri menstruasi ini dapat dilakukan dengan :

  1. Aktif olahraga guna memperbaiki keadaan pinggul dan menguatkan punggung.
  2. Banyak minum, minimal 8 gelas sehari.
  3. Dalam kasus infeksi rahim, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter.

=====================================

>>> Pengobatan Herbal Untuk Haid Menstruasi Tidak Teratur dan Menstruasi Tidak Lancar, Klik Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Teratur and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.