Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Beberapa gadis mempunyai periode yang tepat sekali laksana hitungan jam. Tetapi, ada pula yang priodenya tidak selalu sama disetiap bulannya-terutama jika dalam bulan itu disibukkan tugas-tugas yang menumpuk, ada yang sedang bermasalah dengan pacar. Semua itu normal. Masih dianggap normal pula jika hari-hari menstruasi kita untuk bulan kemarin cuma 2 hari, tetapi bulan sekarang sampai satu minggu. Tubuh kita masih mencari jadwal yang paling tepat.  Jadi bagaimana kita bisa mengetahui kapan tibanya mnestruasi jika siklus menstruasi tidak teratur? JIka siklus kita belum teratur, perhatikan saja tanda-tanda yang diberikan tubuh ini adalah tanda bahwa sebentar lagi menstruasi akan tiba, yaitu :

  1. Punggung terasa kram dan kaku.
  2. Payudara terasa berat dan sensitive
  3. Sakit kepala
  4. Jerawat bermuncul
  5. Pola tidur berubah
  6. Mood tidak menentu
  7. Tubuh terasa bengkak.

Perlu waktu lebih dari 3 tahun dari sejak menarki hingga akhirnya seorang gadis mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Sementara siklus menstruasi itu sendiiri bermacam-macam, dari mulai siklus 21 harian sampai 43 harian.  Memang ada beberapa hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, yaitu :

  1. Sedang menjalani pengobatan tertentu
  2. Terlalu berat berolahraga
  3. Kurangnya asupan kalori
  4. Berat badan dibawah standar
  5. Ketidakseimbangan hormone karena adanya kelainan pada kelenjar tiroid.
  6. Tubuh terlalu banyak memproduksi androgen. Hormon androgen ini lazimnya lebih banyak diproduksi laki-laki. Sebuah hormone yang membuat tubuh laki-laki berotot, menunmbuhkan kuku-kuku pada wajah, suara menjadi berat, serta tumbuhnya bulu-bulu kemaluan.

Interval antar periode menstruasi bervariasi sesuai usia keadaan fisik dan emosi, serta lingkungan. Siklus menstruasi normal umumnya tetp setiap 28 hari, tetapi interval 24-32 hari masih dianggap normal kecuali sikuls menstruasi tidak teratur. Pada awal dan akhir masa reproduksi, siklus menstruasi tidak teratur dan tidak dapat diperkirakan, sebagai akibat kegagalan ovulasi. Keadaan ini merupakan contoh alamiah perbedaan antara menstruasi ovulatoir dan anovulatoir. Saat mencapai maturitas, kira-kira dua per tiga wanita mempertahankan periodisitas yang kurang lebih teratur, kecuali saat hamil stress atau sakit. Durasi rata-rata pendarahan menstruasi adalah 3-7 hari tetapi dapat pula bervariasi. Kehilangan darah rata-rata pada periode menstruasi normal sekitar 35-90 ml. Kira-kira tiga perempat darah ini hilang dalam 2 hari pertama. Wanita berusia <35 tahun cenderung kehilangan lebih banyak darah dibanding mereka yang berusia >35 tahun.


=====================================

>>> Pengobatan Herbal Untuk Haid Menstruasi Tidak Teratur dan Menstruasi Tidak Lancar, Klik Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Teratur and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.