Menstruasi Tidak Teratur Dan Kelainan Menstruasi

Haid merupakan peristiwa alamiah yang dialami oleh setiap wanita yang telah mencapai kematangan biologis. Pandangan wanita terhadap haid dapat berbeda-beda.  Wanita dengan keseimbangan psikologis yang baik menganggap haid sebagai suatu hal yang biasa, sedangkan pada wanita yang sangat emosional haid sebagai hal yang dapat menimbulkan gangguan bagi kesehatannya. Diperkirakan selama usia reproduksi wanita akan mendapatkan haid sampai 400 kali, banyaknya sifat-sifat gangguannya akan sangat individual bergantung pada pandangan wanita tersebut terhadap haid, apalagi jika haidnya tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali.
Nyeri haid disebabkan oleh terjadinya kontraksi rahim atau iskemia otot rahim, lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Selain itu bisa juga nyeri haid karena faktor hormonal psikis, atau kecemasan berlebihan. Karena itu, tidak heran apabila emosi wanita sedang susah ditebak. Kadang kala begitu tegar menghadapi berbagao masalah dan cobaan namun kali lain begitu rapuh menghadapi masalah yang sepele saja.
Nyeri haid primer adalah perasaan sakit dibagian perut bawah yang terjadi karena ketidakseimbangan hormon, tanpa kelainan organ dalam pelvis. Nyeri primer akan dialami oleh sebagian besar wanita normal. Nyeri haid atau dismenorrhoe adalah nyeri kejang otot (spasmodik) diperut bagian bawah dan menyebar ke sisi dalam paha  atau bagian bawah pinggang yang terjadi menjelang haid atau selama haid akibat kontraksi otot rahim. Nyeri haid diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat.

=====================================

>>> Pengobatan Herbal Untuk Haid Menstruasi Tidak Teratur dan Menstruasi Tidak Lancar, Klik Disini!
=====================================


This entry was posted in Menstruasi Tidak Teratur and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.